Analisa Artikel

Harga Emas Naik 26 Persen selama Tahun 2016

Komoditas emas diperkirakan akan terus menanjak naik sepanjang tahun ini. Seiring dengan gejolak yang terjadi pada pasar keuangan global akibat upaya moneter bank sentral di seluruh dunia untuk mencapai inflasi di negaranya.

Dilansir dari CNBC, Senin 15 Agustus 2016, merespons fenomena itu, para investor disarankan untuk memindahkan sebagian dari portofolio investasinya ke komoditas emas. Ini untuk mengantisipasi terjadinya kerugian yang bisa dialami saat berinvestasi di pasar keuangan.

“Bank Sentral di dunia tidak bisa membiarkan adanya deflasi, karena meningkatkan nilai riil utang,” ujar Pengamat Pasar Emas Internasional, James Rickards.

James menyarankan, investor internasional setidaknya memiliki investasi emas sedikitnya 10 persen dari total investasinya saat ini. Sehingga, ketika pasar keuangan anjlok, terkompensasi dengan komoditas emas.

Harga emas di pasar spot internasional bergerak datar pada perdagangan pagi ini di level US$1.337 per ons. Hingga hari ini, selama 2016, harga emas sudah naik 26 persen.

“Nantinya, ketika semua orang mau mengonversi uang kertas yang dimilikinya ke emas, persediaanya tidak akan cukup,” tambahnya.

sumber : viva.co.id

Leave a Reply

Be the First to Comment!

Notify of

wpDiscuz